Friday 4 March 2016

Cara Memperkecil ukuran kualitas file musik (MP3)

      Baru-baru ini saya ingin menyimpan musik-musik MP3 yang ada di PC yang saya miliki ke dalam kaset DVD. Sekedar di simpan untuk backup karena merupakan jenis musik yang cukup sulit di cari dan bukan jenis musik yang disukai orang pada umumnya. Menyimpan folder tersebut di dalam PC cukup diragukan karena saya hampir kehabisan memory (musik tersebut sangat jarang saya mainkan). Sementara menghapus folder terasa sangat berat mengingat perjuangan mendapatkan musik tersebut menguras waktu dan tenaga cukup banyak. Maka dari itulah, menyimpan musik di dalam sebuah Kaset DVD menjadi pilihan yang saya ambil. Hal yang menjadi permasalahan pada kasus ini adalah ternyata file musik yang saya miliki berukuran lebih dari 6 GB. Sehingga tidak cukup ruang untuk sebuah kaset DVD 4,7 GB yang saya gunakan.
     Salah satu dari banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kurangnya memori tersebut adalah dengan memperkecil ukuran kualitas file (mp3) yang kita miliki sehingga memori file bisa lebih ramping. Cukup banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memperkecil ukuran file mp3. Beberapa diantaranya yang saya gunakan adalah audacity dan mp3 quality modifier. Menurut saya, dua aplikasi inilah yang paling baik dalam melakukan tugas seperti ini.


Memperkecil Ukuran File Musik dengan Audacity
 
     Untuk memperkecil satu atau dua file musik berjenis mp3 saya biasa menggunakan aplikasi audacity karena aplikasi ini memang powerfull dan sangat baik untuk berbagai hal yang diperlukan dalam edit file musik. Hal yang harus kita lakukan ketika memperkecil file musik dengan aplikasi ini adalah kita harus terlebih dahulu membuka file musik mp3 tersebut kedalam jendela pengeditan, kemudian setelah siap kita cukup memilih submenu ekspor di menu file/berkas. Pilih opsi dan atur kualitas Bit Rate sesuai dengan yang anda inginkan. Perhatikan gambar kotak merah.
Memperkecil ukuran kualitas file musik
    Kekurangan dari aplikasi ini dalam memperkecil file mp3 adalah bahwa kita akan kerepotan jika kita harus memperkecil banyak file musik. Hal ini terjadi karena kita harus melakukan nya satu demi satu, sehingga akan memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Maka dari itulah, aplikasi ini kurang cocok jika ingin digunakan untuk memperkecil ukuran file mp3 secara serentak.

Memperkecil File Musik dengan mp3 quality modifier
 
   Jika kita ingin memperkecil file musik cukup banyak secara serentak. Kita bisa menggunakan aplikasi mp3 quality modifier. Aplikasi ini tersedia dengan gratis sama halnya seperti audacity. Penggunaannya sangat mudah dan ringan bahkan berukuran kurang dari 1 MB. kita cukup memasukkan file-file tersebut lewat menu file dan add file. kemudian mengatur berbagai pengaturan di bagian bawah, seperti bit rate yang di inginkan, frekuensi dan modus, serta pilihan penyimpanan apakah mengganti file lama atau disimpan di folder khusus. 
    Hal yang harus dipastikan ketika ingin memperkecil ukuran kualitas file musik adalah pastikan bahwa Bit Rate yang kita pilih lebih kecil dari Bit rate file aslinya. Jika kita memilih bit rate lebih tinggi dari file asli, maka yang terjadi adalah bukannya ukuran file mengecil tapi justru berubah menjadi semakin besar dari ukuran file aslinya. Selain itu, pilihlah bit rate sedang, misalnya 30 atau 50 Kbps atau lebih besar. Karena jika menggunakan bit rate di bawah 30 biasanya file yang dihasilkan kurang bagus kualitasnya karena terasa agak "cempreng".
    Setelah menggunakan mp3 quality modifier akhirnya, kumpulan musik yang saya miliki cukup untuk di simpan di sebuah keping DVD berukuran 4,7 GB. Aplikasi tersebut sangat bagus untuk memperkecil file musik secara serentak. Proses berlangsungnya comppres file musik tersebut bahkan berjalan dengan sangat cepat. Benar-benar sangat recomend untuk anda gunakan.
Selamat mencoba !!!



No comments:

Post a Comment